Rabu, 13 Januari 2010

Bisnis Franchise

By Dewi W

Sekarang ini banyak orang khawatir akan kehilangan pekerjaan mereka dan mereka berfikir untuk mempunyai bisnis sendiri. Banyak pilihan usaha yang dapat mereka pilih untuk ditekuni sebagai bisnis. Salah satunya adalah franchise.

Franchise adalah sebuah metode pendistribusian produk atau jasa. Pemilik atau penemu trademark dan sistem bisnis, disebut franchisor. Orang yang membayar royalti untuk menjalankan bisnis milik franchisor ini disebut franchisee.

Franchisors bertugas menyediakan ijin usaha, membantu mengorganisir, melakukan pelatihan dan manajemen, dan menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini. Franchisors yang berkualitas adalah mereka yang mampu menyiapkan sistem operasi, metode pemasaran, melakukan research dan pengembangan, training dan support, yang bisa membuat bisnis ini cepat mencapai kesuksesan dan menekan resiko yang harus dihadapi franchisee.

Bisnis ini tidak akan bertahan bila tidak mempunyai konsep penjualan yang jelas, meskipun anda mempunyai kemampuan dan semangat besar untuk sukses. Sebagai franchisee, anda akan berada di posisi “melayani” dan harus inovatif menghadapi perkembangan pasar.

0 komentar:

Leave a Comment

Silahkan memberi komentar, Beriklan atau melakukan spam disini...